by

IDI Cabang Agam Gelar Pelayanan Kesehatan Gratis Bagi Penyandang Disabilitas

Halosumbar.com – Ikatan Dokter Indonesia (IDI) Cabang Kabupaten Agam menggelar pelayanan kesehatan gratis bagi penyandang disabilitas di Kabupaten Agam, Kamis (3/5). Pelayanan tersebut merupakan rangkaian peringatan hari bakti dokter Indonesia ke 110.

Pelayanan kesehatan bagi penyandang disabilitas tersebut dilakukan serentak se-Indonesia. Untuk wilayah adminstratif Kabupaten Agam, pelayanan digelar di Aula Sekolah Luar Biasa Negeri 1 Lubuk Basung.

Ketua Pelaksana, dr. Dedy Rusdi mengatakan, di Indonesia, Sumatra Barat menjadi pusat pelayanan kesehatan serentak tersebut. Capaiannya adalah untuk melayani 1001 penyandang disabilitas secara serentak dalam satu hari.

“Untuk Kabupaten Agam, tercatat hampir seratus penyandang disabilitas pelbagai usia mendapati pelayanan kesehatan,” ujar dr. Dedy.

Adapun pelayanan yang diberikan, lanjutnyan lagi, seperti pelayanan penderita stroke, pemeriksaan mata, pemeriksaan THT, dan pelayanan disabilitas lainnya.

“Sebelum mendapatkan pelayanan, kami dari IDI Agam juga memberikan penyuluhan kepada penyadang disabilitas, seperti pengetahuan dan penanganan penderita stroke,” imbuhnya.

Pelayanan kesehatan bagi penyandang disabilitas yang diselenggarakan hari ini, lanjut dr. Dedy, bakal ditindaklanjuti untuk penanganan yang lebih serius.

“Misalnya ada penderita stroke yang butuh pelayanan lanjutan, apakah itu terapi dan sebagainya, maka akan kami beri rekomendasi ke RSUD,” ujarnya.

Selain mendapatkan penyuluhan dan pelayanan kesehatan, penderita disabilitas juga diberikan bingkisan. Adapun isi bingkisan tersebut berupa handuk dan peralatan mandi lainnya.

“Harapan kami, semoga penyandang disabilias mendapatkan pelayanan sebaik-baiknya,” pungkasnya. (HS/Depit)