by

Grup Musik Kelas Dunia, Bakal Ramaikan Payakumbuh Botuang Festival

HaloSumbar.Com,– Grup musik kelas dunia bakal ramaikan Payakumbuh Botuang Festival (PBF) pada hari Jumat dan Sabtu, 1-2 Desember 2017.

Iven bergengsi tersebut, akan digelar di Panorama Ampangan, Kapalo Koto Ampangan, Nagori Aua Kuniang, Kecamatan Payakumbuh Selatan, Kota Payakumbuh.

Sebut saja, grup musik Riau Rhythm Chambers Indonesia (RRCI), Talago Buni, Minanga Pentagong, Sambasunda, Ranah PAC, Taufik Adam, La Paloma dan Ali Syukri serta seniman lainnya bakal ikut meramaikan.

Selain menghadirkan hiburan rakyat dengan desain artistik bambu yang megah dan futuristik, juga akan didatangkan artis jazz Citra Scholastika.

Pertunjukkan seni bela diri juga akan ditampilkan, seperti silek Bagoluk Lunau dari Bengkel Seni Minanga Center.

Silek Bagoluk Lunau ini dimainkan oleh empat anak nagori Payakumbuh yaitu Aji Perdana, M. Farid Yonaf, Shobry Dayulisman, dan Dio Reza Fahlevy.

Iyut Fitra, salah seorang kurator PBF 2017 ungkapkan, “selain pertunjukkan musik juga ada penampilan penyair Irmansyah, Sosiawan Leak, Isbedy Stiawan ZS.”

Kemudian, Iyut Fitra menjelaskan, “pengunjung akan merasakan sensasi berbeda saat berada di puncak Panorama Ampangan.”

“Sambil menyaksikan penampilan musik yang alatnya terbuat dari bambu dan mendengarkan pembacaan puisi dari penyair kawakan,” tambahnya.

Payakumbuh Botuang Festival
Pemandangan didominasi bambu dan keindahan alam di Panorama Ampangan, sebagai lokasi Payakumbuh Botuang Festival pada 1-2 Desember 2017.

Terselenggaranya iven musik dan seni atas peran Dinas Kebudayaan Sumbar, Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga Payakumbuh, serta Ketua Komisi V DPRD Sumbar Supardi, diharapkan akan mampu menggenjot sektor pariwisata dan gairah usaha kreatif di ranah ‘galamai’ ini.

“Kepada warga Payakumbuh, khususnya warga setempat untuk dapat hadir dan mendukung terlaksananya iven ini,” kata Andra Nova kepada wartawan.

“Sehingga capaian yang ingin diharapkan, yaitu tumbuhnya industri dan ekonomi kreatif masyarakat dapat terlaksana dengan baik, ” ungkap Andra Nova yang akrab disapa Ijot Goblin, didampingi Yusril Katil dan Iyut Fitra.( HS/ Fanalton)