by

Belanja Secara Online? Tidak Masalah Jika Anda Memperhatikan 7 Hal ini

 

HaloSumbar – Belanja secara online saat ini telah menjadi tren masyarakat. Sebab dengan belanja secara online masyarakat tidak perlu repot untuk wara-wiri mencari produk yang diinginkan. Namun amankah? Aman, jika Anda memperhatikan 7 hal berikut ini.

Meski berbelanja secara online banyak memberi dampak positif, namun ternyata dibalik itu juga ada hal negatif yang perlu Anda waspadai. Hal yang dimaksud ialah meningkatnya angka penipuan secara online dengan pelbagai macam modus.

Syahdan berbelanja secara online telah memakan banyak korban, bukan berarti kita tidak bisa mencegah tindakan penipuan yang mungkin terjadi. Berikut Tim HaloSumbar telah merangkum tips dan trik yang perlu Anda perhatikan ketika berbelanja secara online.

Harga sih murah, tapi jangan terlena

Harga memang menjadi daya tarik tersendiri untuk mengaet pembeli. Mematok harga yang sedikit lebih rendah adalah trik yang dilakukan si penjual agar produknya dilirik orang. Namun, jika harganya jauh di bawah harga rata-rata, maka Anda perlu waspada. Jangan mudah tergiur dengan harga yang murah.

Wajib menyimpan segala bukti transaksi

Jika Anda memutuskan berbelanja secara online, salah satu yang menjadi wajib Anda lakukan adalah menyimpan bukti transaksi. Minimal Anda menyimpan bukti tersebut sampai barang yang Anda pesan benar-benar sampai ke tangan Anda. Namun, kami sarankan untuk menyimpannya dalam jangka waktu yang lama.

Jangan mudah percaya testimoni

Para penipu di zaman sekarang makin piawai mengelabui korbannya. Jika dulu testimoni terhadap suatu produk atau pusat perbelanjaan menjadi acuan kepercayaan, maka sekarang sudah saatnya Anda tidak mempercayai testimoni. Sebab testimoni bisa saja dibuat-buat sesuai keinginan si penipu.

Pastikan barang yang dibeli asli, minta fotonya

Jangan sampai Anda membeli kucing di dalam karung. Sebab produk yang tertera di sosial media belum tentu sama persis dengan produk asli. Untuk itu Anda perlu meminta foto produk sebanyak mungkin, sampai Anda benar-benar yakin produk itu asli.

Cash on Delivery adalah solusinya

Usahakan memilih toko online yang dekat dengan tempat tinggal Anda, agar Anda bisa membayar ketika barang sampai ke tangan Anda. Atau Anda juga bisa langsung bertemu si penjual, sehingga Anda bisa mengecek barang yang dipesan, apakah sudah sesuai dengan keinginan.

Pihak ketiga yang terpecaya

Tidak sedikit toko online yang menggunakan pihak ketiga dalam menjalankan bisnis onlinenya. Salah satunya memanfaatkan bank sebagai metode pembayarannya. Hal ini dikenal dengan istilah Rekening Bersama atau Rekber. Biasanya Rekber akan menyimpan biaya transaksi yang Anda keluarkan, dan baru menyerahkan uang ke si penjual ketika barang tersebut benar-benar sudah Anda terima.

Jangan lupa minta nomor resi pembayaran

Nomor resi ialah nomor bukti barang yang akan dikirimkan kepada Anda melalui jasa ekspedisi pengiriman barang. Jika barang yang Anda beli memang benar-benar telah dikirimkan, maka tidak ada alasan bagi penjual untuk tidak menunjukan nomor resi pengiriman tersebut kepada Anda. Ketika Anda meminta nomor resi pengiriman namun tidak diberikan, maka Anda wajib mencurigai si penjual.

Itulah beberapa tips dan trik yang bisa Anda lakukan agar terhindar dari penipuan ketika belanja secara online. Semoga bermanfaat. (HS/DPT)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *